Category: Artikel

Pentingnya Ketahanan Pangan

Ketahanan pangan telah menjadi salah satu isu penting pada era ini. Pada Bulan Februari, majalah The Economist mempublikasikan sebuah laporan khusus mengenai “masa depan pangan” yang berjudul “Pertanyaan 9 Milyar Penduduk”, yang mengulas tentang peningkatan pangan melalui intensifikasi penanaman tanaman pangan pada luasan lahan yang ada dan melalui “revolusi hijau” – sebuah cara pengembangan varietas-varietas tanaman pangan produksi tinggi dan peningkatan penyilangan untuk menghasilkan varietas yang tahan kekeringan dan penyakit.  Laporan ini juga menegaskan bahwa harga tanaman budidaya yang tinggi justru meningkatkan permintaan dan mengurangi buangan.


Pengertian Ketahanan Pangan

Ketahanan pangan adalah kondisi dimana setiap masayarakat, baik perorang ataupun kelompok mampu mempertahankan makanannya sepanjang waktu, baik secara fisik maupun secara ekonomi. Dalam rti ini tentusaja ketahanan pangan harus memiliki akses terhadap sutu kondisi yang aman dan juga bergizi yang sesuai dengan preferensinya.

Sedangkan pengertian ketahanan pangan menurut para ahli, adalah suatu keadaan dimana semua manusia pada setiap saat mempunyai segala bentuk atau akses fisik, ekonomi, dan sosial terhada kecukupan panggannya (Mercy Corps, 2007).