Saluran Irigasi Banda Kapalo Koto Mulai Berfungsi Kembali

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui Bidang Sungai dan Pengairan telah menyelesaikan pekerjaan pemeliharaan saluran Irigasi Banda Kapalo Koto, Tanah Garam sepanjang 300 meter.

Pekerjaan yang berlokasi di Banda Kapalo Koto Tanah Garam ini merupakan salah satu kegiatan pemeliharaan rutin yang dilakukan oleh Dinas PUPR yang telah dilakukan pengerjaannya sejak tanggal 4 Februari 2019 yang lalu.

Anggaran pekerjaan ini terdapat pada kegiatan rehabilitasi/pemeliharaan jaringan irigasi dan merupakan Program Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa dan Jaringan Pengairan lainnya.

Elyardi, ST, MT selaku Kabid Sungai dan Pengairan saat dikonfirmasi, Rabu (13/3) mengatakan, pemeliharaan rutin saluran irigasi Banda Kapalo Koto ini dilakukan karena sudah banyaknya sedimen (pengendapan) oleh sampah-sampah dan rumput-rumput yang tumbuh di pinggir dan sekitar Banda Kapalo Koto yang menyebabkan kurang lancarnya aliran air di saluran irigasi tersebut yang menyebabkan terhambatnya pemenuhan kebutuhan air untuk sawah warga dan para petani.

“Kami mengharapkan untuk masyarakat dan petani sekitar ikut menjaga dan memelihara saluran irigasi ini, karena hal itu akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga petani nantinya dan dengan irigasi yang baik diharapkan dapat meningkatkan produksi padi menjadi 4 ton/Ha dari sebelumnya 3,5 Ton/Ha,” harap Elyardi.

Kegiatan ini juga melibatkan 10 orang warga setempat dalam proses pengerjaan. Pelibatan warga setempat ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran untuk tetap menjaga kebersihan saluran irigasi tersebut.

Saat ini, saluran Irigasi Banda Kapalo Koto yang berada di Kelurahan Tanah Garam ini sudah bersih dari sedimen dan sampah-sampah yang selalu menghambat aliran air. Aliran air sudah mulai lancar dan pemenuhan kebutuhan air untuk mengairi sawah oleh petani akan terpenuhi dan sudah bisa dinikmati oleh warga untuk menjaga dan meningkatkan hasil pertanian mereka. (ri)

sumber : https://infopublik.solokkota.go.id/saluran-irigasi-banda-kapalo-koto-mulai-berfungsi-kembali/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.