Dinas Pangan Kota Solok Melaksanakan Panen Sayuran  Hidroponik Pekarangan Kantor (OPAL)

 

IMG20220222113415Solok, 22/2/2022  –  Dalam rangka untuk meningkatkan motivasi masyarakat Kota Solok dalam Pemanfaatan Pekarangan pada hari Selasa tanggal 22 Februari 2022 dilaksanakan Panen Sayuran Hidroponik di Pekarangan Kantor Dinas Pangan lingkup Balaikota Solok, Kelurahan IX Korong, Kota Solok. Panen sayuran pada Pekarangan Kantor ini dilakukan oleh petugas rutin pemeliharaan tanaman sayuran dan didampingi oleh Kepala Bidang Konsumsi, Penganekaragaman dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Kota Solok.

Tanaman hidroponik adalah budidaya tanaman yang menggunakan air sebagai media tumbuhnya, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Dengan sistem hidroponik, tanaman relatif lebih cepat tumbuh kembang karena unsur hara dalam larutan dapat secara optimal dimanfaatkan sepenuhnya oleh tanaman, sehingga daun lebih lebar, daging buah lebih besar dan kokoh.

Sayur Hasil Panen di Obor Pangan Lestari

Jenis tanaman sayuran yang ditanam di Pekarangan Kantor Dinas Pangan yaitu  Pakcoy, Kangkung, Selada, Caesin, Daun Bawang, Cabe rawit, dan Tomat. Tanaman hidroponik yang di panen saat ini adalah sayur kangkung dengan jumlah sebanyak 4,2 Kg. Hasil panen di packing dengan rapi menggunakan plastik sayuran dan memakai label produksi. Untuk pemasaran sayur hasil panen tersebut di pasarkan ke instansi Lingkup Pemerintah Balaikota Solok dengan harga jual Rp. 3.000,-/bungkus.

IMG20220222112045

Menurut Kepala Bidang Konsumsi, Penganekaragaman dan Keamanan Pangan, “Fitriani.H, SP”, Dalam pelaksanaan kegiatan diversifikasi pangan di Pekarangan Kantor Dinas Pangan (OPAL) diharapkan ini merupakan sebagai contoh bagi masyarakat di lingkungan instansi Pemerintah agar memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayuran agar masyarakat dapat mengkonsumsi sayuran yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman. (Dinas Pangan, 22/2/2022). (FAS)

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.