TP-PKK Bekerjasama dengan Dinas Pangan Meraih Juara II pada Lomba Pengolahan Pangan Ayam dan Telur Tingkat Provinsi Sumatera Barat


Solok, Dalam rangka memperingati Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) 2022, Pemprov Sumbar melalui Dinas Pangan Sumbar mengadakan lomba pengolahan Pangan berbahan dasar Ayam dan Telur Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Lomba yang digelar di Balai Sidang Bung Hatta Bukittinggi, Jum’at (14/10/22) diikuti oleh ibu – ibu PKK perwakilan dari kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Efendi mengatakan, tujuan diadakannya lomba pengolahan pangan pada peringatan HATN 2022 untuk mengedukasi kepada masyarakat terutama anak sekolah bahwa konsumsi ayam dan telur itu penting karena salah satu sumber protein hewani, meningkatkan pertumbuhan dan imunitas.
“Ayam dan telur merupakan sumber protein hewani yang mudah didapat apabila dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya,” ungkapnya.

Kota Solok melalui Dinas Pangan bekerjasama dengan TP-PKK pada kesempatan ini menampilkan menu olahan ayam dan telur yaitu untuk Appetizer (kudapan) yaitu Chicken Roll, Main Course (hidangan utama) yaitu Lapis Luryam Ceria, dan Dessert (penutup) yaitu Purmel Crown.

Menu olahan dari Kota Solok mendapatkan apresiasi dari dewan juri yang berasal dari Universitas Negeri Padang, Royal Asia Collage Padang dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Ketua TP-PKK Kota Solok diwakili oleh Ny. Rida Syaiful ikut hadir mendampingi serta memberikan dukungan kepada peserta untuk semangat dan percaya diri dengan apa yang ditampilkan.Dalam Kegiatan tersebut TP-PKK Kota Solok meraih penghargaan sebagai Juara II.

Perlombaan yang digelar dalam rangka Hari Ayam dan Telur Nasional Tahun 2022 ini juga dihadiri oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi. Pemberian penghargaan pemenang diberikan langsung oleh Ny. Harneli Mayeldi berupa Piala, Sertifikat dan uang tunai untuk juara II sejumlah Rp6 juta.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pangan Ir. H. Ikhvan Marosa yang turut mendampingi TP-PKK Kota Solok menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan munculnya berbagai kreasi olahan pangan berbahan baku Ayam dan Telur untuk memenuhi konsumsi protein di lingkup keluarga dan disukai oleh masyarakat untuk mendukung program diversifikasi pangan sehingga meminimalisir angka stunting, khususnya di Kota Solok


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.